Rekomendasi Makanan Untuk Kura-Kura Sawah

Di Indonesia, saya dan anda bisa menemukan sekian banyak  macam kura-kura di lingkungan alami. Faktanya memang tak tidak banyak spesies kura-kura yang merupakan hewan asli Indonesia. Beberapa spesies kura-kura yang berasal dari luar negeri pun dapat bertahan hidup dengan baik. kita dapat mengejar kura-kura ini di perairan tawar laksana sungai, danau, dan sawah. Kura-kura brazil, kura-kura ambon, dan labi-labi pelodiscus adalahspesies kura-kura yang paling tidak sedikit di sini.

Bagi kita yang tertarik merawat kura-kura, Anda dapat mulai merawatnya dari ketiga jenis kura-kura ini. Kura-kura brazil, kura-kura ambon, serta labi-labi pelodiscus tergolong mudah dipelihara. Asalkan Anda menyerahkan makanan kura-kura secara rutin itu dapat bertahan hidup dan tidak bakal mati. Perlu kita ketahui, kura-kura yang biasa hidup di lokasi persawahan lazimnya merupakan fauna omnivora alias pemakan segalanya, baik tanaman maupun daging-dagingan.

Adapun makanan-makanan yang sesuai diberikan untuk kura-kura sawah antara beda :

  1. Ikan

Ikan adalahmakanan alami kura-kura sawah. Seluruh tipe kura- kura yang tinggal di area persawahan menghasilkan ikan bagaikan santapan kuncinya. Biasanya kura-kura mengejar ikan yang ukurannya kecil, lantas langsung melahapnya hingga habis. Kura-kura peliharaan kita juga dapat diberi pakan berupa ikan. Tak mesti ikan hidup, Anda juga dapat menyerahkan ikan yang telah mati atau bahkan potongan daging ikan rebus yang sudah diceraikan dari durinya.

  1. Udang

Apakah makanan kesenangan kura-kura air? Jawabannya yakni udang. Semua kura-kura yang hidup di air, tergolong kura-kura semi-aquatic, paling suka memakan udang. Bahkan saat dia sedang tidak nafsu santap pun, udang ini tetap bakal dilahapnya. Di habitat alaminya, udang air tawar memang menjadi makanan kesayangan kura-kura yang hidup di lokasi persawahan. Saat menyerahkan udang ke kura-kura, tidak boleh lupa kita mengupas kulitnya serta melemparkan kepala dan ekornya.

  1. Jangkrik

Di samping udang, seluruh kura-kura sawah pun paling gemar sekali memakan jangkrik. Mungkin sebab jangkrik memiliki daging yang lezat sampai-sampai kura-kura bakal rakus memangsanya. kita juga dapat loh memakai jangkrik ini sebagai pakan utama guna kura-kura sawah peliharaan Anda. Isi proteinnya yang besar hendak menghasilkan kura- kura kita kilat berkembang besar pada saat teratur diberi santapan yang satu ini.

  1. Keong sawah

Keong dikenal sebagai hama untuk tanaman padi. Hal ini diakibatkan keong suka memakan batang padi yang masih muda sampai mengakibatkan tumbuhan ini rubuh. Banyaknya keong yang bermukim di lokasi persawahan unik perhatian semua predator guna memakannya. Termasuk kura-kura sawah pun paling senang memakan keong ini, terutama kura-kura MSE. Kendati keong telah bersembunyi di dalam cangkangnya, kura-kura tetap bisa memakannya.

  1. Cacing tanah

Sesekali kura-kura sawah akan menggali cacing tanah guna dimakan. Cacing ini tidak jarang ditemukan saat kura-kura naik itu ke daratan entah guna berjemur, menggali makan, bersembunyi, atau bertelur. Pad saat menyaksikan cacing tanah yang masih hidup tersebut, kura-kura bakal segera menerkam dan memakannya. Di dalam cacing tanah ini terdapat zat protein yang melimpah sampai-sampai bagus sekali untuk menyokong pertumbuhan kura-kura dan membuatnya cepat besar.

  1. Belut

Meski belut juga tidak sedikit ada di lokasi persawahan, tapi sebetulnya belut bukan adalahmakanan utama kura-kura sawah. Namun saat kura-kura menyaksikan belum di depannya, maka dia juga tidak ragu guna menangkapnya kemudian memakannya sampai berakhir tak tersisa. Jadi dapat disebutkan kura-kura melulu memakan belut sesekali saja. Jika Anda gemar sekali memakan belut, tidak terdapat salahnya menyerahkan sebagian daging belut ini ke kura-kura sawah yang kita pelihara.

  1. Daging ayam

Kalau di lokasi tinggal Anda tidak jarang kali tersedia daging ayam sebagai lauk pauk, usahakanlah berikan beberapa ke kura-kura. Kenyataannya memang kura-kura semi-aquatic sangat menyenangi daging ayam dan jeroannya. kita dapat menyerahkan daging ayam ini dalam situasi masih mentah atau telah direbus matang. Daging ayam ini usahakan dipotong-potong kecil terlebih dahulu agar kura-kura lebih mudah memakannya.

  1. Pelet

Untuk dalil kepraktisan, kita dapat memakai pelet sebagai pakan utama untuk kura-kura. Sebenarnya kita tidak mesti menggunakan pelet khusus guna kura-kura kok, pelet ikan juga layak diserahkan ke kura-kura. Afsun ini memiliki kelebihan antara lain mudah diperoleh, gampang ditaruh, era konsumsinya yang lebih lama, lebih bersih, dan keadaannya yang bersih. Tapi seringkali kura-kura perlu diajar dahulu supaya mau memakan pelet.

  1. Kangkung

Di lokasi persawahan, kangkung liar seringkali tumbuh subur. Kangkung ini merambat di pematang sawah hingga wilayah yang diisi lumpur. Kura-kura serta hewan yang hidup di persawahan lainnya sering mengonsumsi kangkung. Biasanya kura-kura hanya memakan unsur daunnya saja. Kalau kita mau menyerahkan kangkung ke kura-kura, tidak boleh lupa mencucinya hingga bersih guna menghilangkan pestisida yang masih ada di permukaannya.

  1. Genjer

Tanaman genjer bertolak belakang dengan eceng gondok ya. Genjer ini dapat dikonsumsi oleh manusia sebab teksturnya yang lembut. Sedangkan eceng gondok lazimnya hanya dipakai sebagai bahan baku untuk menciptakan kerajinan tangan. Kura-kura sawah pun sesekali memakan genjer yang tidak sedikit tumbuh di wilayah persawahan. Kura-kura ingin lebih suka daun genjer yang masih muda sebab mempunyai tekstur yang lebih lunak.

  1. Buah Pepaya

Sebagai hewan omnivora, kura-kura sawah juga mengonsumsi buah-buahan. Dari sekian banyak  jenis buah-buahan yang ada, buah pepaya adalahbuah yang sangat disukainya. Kura-kura paling suka memakan buah pepaya yang sudah matang. Rasa manisnya dengan tekstur yang lembut menciptakan kura-kura sawah yang kita pelihara lahap sekali memakan buah ini. Jangan tak sempat mencucinya terlebih dahulu sebelum diserahkan ke kura-kura.

Hubungi Kami

petpintar.com

[email protected]

+6281211216467